Nasigorengseratus

Labels

Selasa, 28 Januari 2014

Artikel Ala Kang aaf (pendidikan formal pengadopsi pendidikan pesantren yang dilupakan)



PondokPesantrenadalahpendidikantertua di Indonesia yang digunakansebagaisalahsatumetodedakwaholehwalisongo, pondokpesantrenberasaldaridua kata sang skertaumathindu di pulaujawa yang artinyaadalahpenginapansatria, daridefinisiinipondokpesantrenmenjadiparadigmatersendirisebagaibatulonjatanuntukpengembangandakwahwalisongo.
Pondokpesantren yang  awalnya di fungsionalkanuntukkalangansatriaakhirnyaolehwalisongo di perkenankanuntukkalanganumumdariberbagaidaerahsehinggasecaraperlahanpenganutfahamKastabisahilang, berubahmenjadiukhuwahtanpapredikatduniawi yang telah lama mengakardalamtradisihindusehinggadakwawalisongomudah di terimaolehsemuakalangan.
Dari masakemasapondokpesantrenberubahmenjadipendidikan global dalamranah agama islam, yang awalnyapesantren  di fungsionalkanuntukpendidikanfikih, Akhlaq, tasawwufsajanamunseiringzamanPondokpesantrenmenfasilitasiuntukbelajarberbagaiilmuhasilkaranganulama’ salafsepertiIlmualat, Ilmutafsir, Filsafat,bahkanIlmuastronomisehinggamuncululama’-ulama’ terkenal di pulaujawabahkanmenyebarkeseluruh Indonesia.
Indonesia pascakemerdekaanadalah Negara yang barulahir, Negara yang secarawajibuntukberovolusiuntukmemblokkadepenjajahanulangdari Negara-negaramaju yang inginmerebutkekayaan Indonesia, usahainitentuanyaharusdengan mental sertailmu yang mumpuni, jadipada era pascakemerdekaanulama’-ulama’jebolanpesantrensebagainahkoda Indonesia.
Indonesia mulaiberkembangsehinggatimbullahopsiuntukmengkonseppendidikan di Indonesia agar mudahdicernamasyarakatdariberbagaipelosok, makadisinilahperanulama’ sangatlahsentraldengatmenerjemahkitab-kitabkemudian di kemasdalambentukbukubacaandanmemberiwacanasertaturunkelapanganuntukmengajarkancaramenulisdancarabaca yang baikbelajarbahasa Indonesiasehinggadenganlahirnyasebuahmetodemakapendidikan Indonesia sangatbisakitarasakanhinggasaatini.
Dari adanyakonseptersebutmakapada era inimuncullahduaistilahpendidikanyaitupendidikan formal yang di nahkodaioleh Negara, dan yang keduapendidikan non formal yang lahirsebagaiindividu, sepertipondokpesantrensebagailembagapendidikanIndividumempunyailebiherat rasa kebersamaan, kekeluargaansertasalingmenghargai.
Denganadanyaduaistilahpendidikaninimakapendidikan formal lebihmarak di konsumsiolehkalanganumumkarenaapa?,karenapendidikan formal berharappadaasumsisekuler ( masalahkesuksesanduniawi), padahalkesuksesantidakbisa di perhitungkansecaraaqli, jugatidakbisa di ukurdarisuatutindakansepertipekerjaan yang beratakanmenghasilkankesuksean yang besar. Karenakesuksesansecaraesensinyasudah di aturoleh Allah SWT, namunharusdenganikhtiyar yang kreatif, beranisertado’a yang hebat.Kesuksesanduniawijugabukan barometer terhadapkebahagian, akantetapikesuksesanakhiratakanselalu di liputikebahagiaan.
Lantasadaapadenganpendidikan Indonesia?
Rakyat Indonesia terlalularutdenganasumsiduniawisehinggapendidikanpesantrenibaterhadapkeadaaninimakadariitupesantrenakhirnyamemadukanduapendiikaniniyaitupendidikan formal denganbegroundpesantrensehinggamuncullahdenganistilahPondokmodern namunmeskidemikianpondokpesantrenmasihdipandangseblahmata.
Denganadanyahalinipesantrenjusrtulebihterkesanmengadopsipendidikan formal, padahalawalritme yang sesungguhnyapendidikan formaljauhsebelumnyatelahmengadopsipendidikanpesantren,
Adanyapendidikanpesantrenmemberifasilitasuntukpelajaran formal tiada lain untukmemperbaikiniatkarenamencariilmuharusdenganmurninyaniatbukankarenaadaasumsihebat yang akanmembelokkanniatsehingga orang yang demikianiniakanmenimbulkanmatinyaakhlaq.
Dari hasilrisetmengatakanbegitubanyakparapencariilmumasakinimelakukanasusilapadagurunyasendiri. Dan iniakanmenyebabkanmatinyailmusertarusaknyaumat.
Disinilahperanpentingpesantrensupayabisamelestarikanhakikatulilmisertabisamenghasilkader-kader yang mumpuniuntukmenghidupkanumat.Amin.

0 Celoteh Mereka:

Posting Komentar

 

CERPEN ISLAMI

UNTUK UMUM

KARYA PRIBADI @af

SILAHKAN KUNJUNGI: http//:cepatkreatif.blogspot.com

LP3S

Lembaga Penerbitan Pp. Syaichona MOh. Cholil.