PondokPesantrenadalahpendidikantertua
di Indonesia yang digunakansebagaisalahsatumetodedakwaholehwalisongo,
pondokpesantrenberasaldaridua kata sang skertaumathindu di pulaujawa yang artinyaadalahpenginapansatria,
daridefinisiinipondokpesantrenmenjadiparadigmatersendirisebagaibatulonjatanuntukpengembangandakwahwalisongo.
Pondokpesantren
yang awalnya di
fungsionalkanuntukkalangansatriaakhirnyaolehwalisongo di
perkenankanuntukkalanganumumdariberbagaidaerahsehinggasecaraperlahanpenganutfahamKastabisahilang,
berubahmenjadiukhuwahtanpapredikatduniawi yang telah lama
mengakardalamtradisihindusehinggadakwawalisongomudah di
terimaolehsemuakalangan.
Dari
masakemasapondokpesantrenberubahmenjadipendidikan global dalamranah agama
islam, yang awalnyapesantren di
fungsionalkanuntukpendidikanfikih, Akhlaq, tasawwufsajanamunseiringzamanPondokpesantrenmenfasilitasiuntukbelajarberbagaiilmuhasilkaranganulama’
salafsepertiIlmualat, Ilmutafsir, Filsafat,bahkanIlmuastronomisehinggamuncululama’-ulama’
terkenal di pulaujawabahkanmenyebarkeseluruh Indonesia.
Indonesia pascakemerdekaanadalah
Negara yang barulahir, Negara yang
secarawajibuntukberovolusiuntukmemblokkadepenjajahanulangdari Negara-negaramaju
yang inginmerebutkekayaan Indonesia, usahainitentuanyaharusdengan mental
sertailmu yang mumpuni, jadipada era pascakemerdekaanulama’-ulama’jebolanpesantrensebagainahkoda
Indonesia.
Indonesia
mulaiberkembangsehinggatimbullahopsiuntukmengkonseppendidikan di Indonesia agar
mudahdicernamasyarakatdariberbagaipelosok, makadisinilahperanulama’
sangatlahsentraldengatmenerjemahkitab-kitabkemudian di
kemasdalambentukbukubacaandanmemberiwacanasertaturunkelapanganuntukmengajarkancaramenulisdancarabaca
yang baikbelajarbahasa Indonesiasehinggadenganlahirnyasebuahmetodemakapendidikan
Indonesia sangatbisakitarasakanhinggasaatini.
Dari
adanyakonseptersebutmakapada era
inimuncullahduaistilahpendidikanyaitupendidikan formal yang di nahkodaioleh
Negara, dan yang keduapendidikan non formal yang lahirsebagaiindividu,
sepertipondokpesantrensebagailembagapendidikanIndividumempunyailebiherat rasa
kebersamaan, kekeluargaansertasalingmenghargai.
Denganadanyaduaistilahpendidikaninimakapendidikan
formal lebihmarak di konsumsiolehkalanganumumkarenaapa?,karenapendidikan formal
berharappadaasumsisekuler ( masalahkesuksesanduniawi),
padahalkesuksesantidakbisa di perhitungkansecaraaqli, jugatidakbisa di ukurdarisuatutindakansepertipekerjaan
yang beratakanmenghasilkankesuksean yang besar. Karenakesuksesansecaraesensinyasudah
di aturoleh Allah SWT, namunharusdenganikhtiyar yang kreatif, beranisertado’a
yang hebat.Kesuksesanduniawijugabukan barometer terhadapkebahagian,
akantetapikesuksesanakhiratakanselalu di liputikebahagiaan.
Lantasadaapadenganpendidikan
Indonesia?
Rakyat Indonesia
terlalularutdenganasumsiduniawisehinggapendidikanpesantrenibaterhadapkeadaaninimakadariitupesantrenakhirnyamemadukanduapendiikaniniyaitupendidikan
formal denganbegroundpesantrensehinggamuncullahdenganistilahPondokmodern namunmeskidemikianpondokpesantrenmasihdipandangseblahmata.
Denganadanyahalinipesantrenjusrtulebihterkesanmengadopsipendidikan
formal, padahalawalritme yang sesungguhnyapendidikan formaljauhsebelumnyatelahmengadopsipendidikanpesantren,
Adanyapendidikanpesantrenmemberifasilitasuntukpelajaran
formal tiada lain
untukmemperbaikiniatkarenamencariilmuharusdenganmurninyaniatbukankarenaadaasumsihebat
yang akanmembelokkanniatsehingga orang yang
demikianiniakanmenimbulkanmatinyaakhlaq.
Dari
hasilrisetmengatakanbegitubanyakparapencariilmumasakinimelakukanasusilapadagurunyasendiri.
Dan iniakanmenyebabkanmatinyailmusertarusaknyaumat.
Disinilahperanpentingpesantrensupayabisamelestarikanhakikatulilmisertabisamenghasilkader-kader
yang mumpuniuntukmenghidupkanumat.Amin.
0 Celoteh Mereka:
Posting Komentar